Object, Class, Attribute, Intance Variable, Class Variable, Behavior, Methods
Class
Class merupakan blueprint/rancangan dari suatu objek. Class adalah gambaran umum dari suatu objek. Dikatakan bahwa Anjing adalah class, maka class Anjing memiliki karakteristik/atribute dan perilaku/behavioral yang dimiliki oleh anjing pada umumnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut:
Ilustrasi diatas memperlihatkan bahwa class Dog memiliki attribute (age) dan bahavioral (bark, eat, dan chase cat). Attribute dan behavioral tersebut umum dimiliki oleh anjing sehingga setiap objek yang memiliki attribute dan behavioral tersebut dikategorikan sebagai anjing. Di Java, untuk mendeklarasikan class menggunakan kata kunci “class” yang diikuti dengan nama class-nya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
class Dog {
int age;
void bark(){
System.out.println("anjing menggongong");
}
void eat(){
System.out.println("anjing makan");
}
void chaseCat(){
System.out.println("anjing mengejar
kucing");
}
}
Pada baris 1 dideklarasikan “class Dog”. Class Dog ini memiliki attribut “age” dan behavioral “bark”, “eat”, dan “chaseCat” yang dideklarasikan di dalam kurung kurawal. Attribut dan behavioral tersebut merupakan anggota/member dari class Penjelasan detail tentang attribut dan behavioral dibahas pada bahasan berikutnya.
Penamaan class mengikuti aturan penamaan seperti variable namun ada perbedaan sedikit, yaitu setiap kata harus diawali dengan huruf kapital/huruf besar. Misal, class “mydog” terdiri dari kata “my” dan “dog” maka huruf “m” pada “my” huruf kapital dan huruf “d” pada “dog” harus kapital juga. Dari “mydog” menjadi “MyDog”. Hal ini dimaksud supaya nama suatu class itu mudah untuk dibaca.
Attribute
Attribute merupakan karakteristik dari suatu class. Attribut ini berupa suatu variable yang terletak tepat di dalam class. Variable yang berupa attribut ini juga disebut dengan variable global (kebalikan dari variable lokal) karena variabel global tersebut bisa diakses di setiap behavioral. Cara mendeklarasikan attribut sama dengan cara mendeklarasikan variable karena attribut juga merupakan variable.
Method
Method merupakan sebutan untuk behavioral/function di Java. Method selalu memiliku kurung lengkung atau “()”, kurung lengkung tersebut bisa juga disemati suatu variable atau parameter. Parameter sendiri adalah sebutan dari variabel yang terletak dalam kurung lengkung suatu method. Aturan penamaan method sama dengan aturan penamaan variable. Pembahasan tersebut bisa dilihat di penjelasan tentang variabel.
Method sendiri ada dua jenis: (1) void dan (2) return.
void Method
void method adalah method yang tidak mengembalikan suatu nilai. Dilihat sekilas, void method dapat diidentifikasi dengan adanya kata kunci “void” di depan nama method.
1
2
3
void eat(){
System.out.println("anjing makan");
}
Ilustrasi di atas adalah method void karena secara kasat mata method tersebut di depan nama method-nya (eat) memiliki kata kunci “void”. Void bisa disebut dengan method tidak mengembalikan nilai karena method ini ketika dipanggil tidak memiliki nilai yang bisa disimpan di suatu variabel.
return Method
return method adalah method yang mengembalikan nilai. Method ini bisa diidentifikasi dengan adanya data type di depan nama method-nya dan kata kunci return di dalam method-nya.
1
2
3
int getAge(){
return 3;
}
Pada baris 1 di depan nama method, “getAge” terdapat data type “int” sehingga di dalam method ini harus mengembalikan “int” juga. Kata kunci “return” digunakan untuk mengembalikan nilai. Dilihat pada baris 2, method “getAge” ini mengembalikan nilai 3, nilai 3 tersebut adalah nilai yang ber-data type “int”.
Object
Object adalah representasi dari class. Katakan bahwa Anjing adalah class-nya maka doggy, pretty, dan sweety adalah objectnya. Class masih berupa blueprint/rancangan sedangkan object adalah wujud nyatanya.Cara mendeklarasikan object sebagai berikut:
Untuk membuat object terlebih dahulu harus tahu class yang akan dibuatkan object-nya. Pada ilustrasi diatas “Dog” adalah class yang akan dibuatkan object-nya. Object dari class “Dog” tersebut bernama “pretty”. Berikutnya, untuk benar-benar “pretty” adalah object dari class “Dog” maka pada ilustrasi diatas ditambahkan assignment operator (=) yang digunakan untuk memberikan nilai object “pretty” ini dengan object baru dari class Dog, yaitu caranya dengan menambahkan kata kunci “new” yang diikuti dengan “constructor Dog“ / “Dog()”, constructor akan dibahas pada bahasan berikutnya. Sedangkan, penamaan object mengikuti penamaan pada variable. Sekali object tersebut dibuat, semua anggota (attribute dan method) bisa diakses oleh object tersebut.
Dog.java
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
package Class;
class Dog {
int age;
int getAge(){
return 3;
}
void bark(){
System.out.println("anjing menggongong");
void eat(){
System.out.println("anjing makan");
}
void chaseCat(){
System.out.println("anjing mengejar
kucing");
}
}
DogTest.java
1
2
3
4
5
6
7
8
9
package Class;
public class DogTest {
public static void main(String [] args){
Dog pretty = new Dog();
pretty.bark();
pretty.eat();
pretty.chaseCat();
}
}
Ada dua file java yang saling terkait, yaitu Dog.java dan DogTest.java. Dog.java adalah blueprint dari Dog sedangkan DogTest.java adalah penerapan blueprint tersebut dalam bentuk object. Pada file DogTest.java baris 5 menunjukkan sistem membuat object baru, pretty, dari class Dog. Sekali object tersebut dibuat, semua member (attribute / method) bisa diakses. Pada baris 6 – 8 menunjukkan cara mengakses member Dog, yaitu dengan cara memanggil nama object-nya diikuti dengan titik beserta member yang ingin diakses.
Komentar
Posting Komentar